Komplikasi Penyakit Hernia

Komplikasi Penyakit Hernia – Hernia merupakan penonjolan viskus atau sebagian dari viskus melalui celah yang abnormal pada selubungnya.

Komplikasi Penyakit Hernia

Komplikasi Penyakit Hernia

JENIS PENYAKIT HERNIA

Macam-Macam Hernia

Penyakit hernia yang sering terjadi :

1. Hernia Umbilikalis

Hernia umbilikalis sejati timbul sejak lahir dan mempunyai defek simetris pada umbilikus karena kegagalan menutup

2. Hernia Para-Umbilikalis

Terjadi karena defek didapat pada fasia periumbilikalis

3. Hernia Inguinalis

Dimulai pada bagian atas dan medial terhadap tuberkulum pubikum namun dapat turun lebih luas jika membesar, biasanya mempertegas garis-garis lipatan paha. Sebagian besar ringan dan jarang mengalami komplikasi.

a. Hernia Inguinalis Indirek

Dapat dimasukkan dengan tekanan oleh jari-jari di sekitar cincin inguinalis interna, mungkin seperti leher yang sempit dan banyak terjadi pada pria usia muda

b. Hernia Inguinalis Direk

Biasanya memiliki leher yang lebar, sulit dimasukkan dengan penekanan jari-jari yangan dan lebih sering pada pria usia tua

4. Hernia Femoral

Hernia femoralis berada di bawah dan lateral dari tuberkulum pubikum. Biasanya hernia ini mendatarkan garis-garis kulit di lipatan paha dan 10 kali lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria

5. Hernia Insisional

Tonjolan hernia insisional, biasanya berleher lebar, sulit dikontrol oleh tekanan dan diperjelas dengan menegangkan rektum. Hernia insisional yang besar dan kronis dapat berisi sejumlah besar usus halus dan dapat irreducible atau tidak dapat diperbaiki akibat “hilangnya isi perut bagian kanan”

Penyakit hernia yang jarang terjadi :

a. Epigastrik
b. Gluteal, lumbal, obturator

KOMPLIKASI PENYAKIT HERNIA

Komplikasi Penyakit Hernia

  • Hematoma (luka atau pada skrotum)
  • Retensi urin akut
  • Infeksi pada luka
  • Nyeri kronis
  • Nyeri dan pembengkakan testis yang menyebabkan atrofi testis
  • Rekurensi hernia

Komplikasi penyakit hernia yang terjadi diakibatkan karena segmen usus pada dinding perut yang terjerat. Beberapa komplikasi penyakit hernia yang sering dirasakan oleh penderita turun berok atau penyakit hernia :

  1. Tekanan yang terjadi di jaringan sekitarnya. Untuk kasus penyakit hernia inguinalis atau penyakit turun berok yang mengalami pembesaran dari waktu ke waktu bisa sangat mengganggu fungsi dan juga kerja dari organ yang ada di sekitarnya. Jika tidak dikendalikan dengan baik dengan menggunakan celana hernia atau juga melakukan suatu pembedahan. Hernia yang mengalami pembesaran akan memberikan suatu tekana  di jaringan sekitarnya. Sedangkan pada pria kasus seperti ini bisa meluas menuju ke daerah dalam skrotum yang pada akhirnya akan menyebabkan rasa sakit dan juga mengalami suatu pembengkakan.
  2. Hernia yang terjebak
    Komplikasi dari penyakit hernia Inguinalis ini biasanya terjadi disaat segmen usus terjebak di dalam titik lemah di dinding perut. Hal ini bisa menyebabkan kerja usus menjadi terhalang untuk bisa mengalirkan makanan serta mengalirkan sisa pencernaan. Keadaan seperti ini akan menimbulkan suatu gejala hernia dengan rasa sakit yang parah, mual dan muntah serta mengalami susah buang air besar dan susah buang angin.
  3. Pencekikan. Disaat bagian dari usus yang terperangkap di dalam dinding perut, aliran darah yang mengalir ke bagian usus bisa berkurang. Kondisi seperti ini bisanya disebut dengan istulah oencekikan. Dan pada akhirnya hal ini akan menyebabkan matinya jaringan usus yang terserang. Komplikasi penyebab hernia seperti ini merupakan salah satu bagian yang berbahaya dari penyak hernia karena bisa menyebabkan terjadinya kematian jika tidak segera ditangani.

Penyakit hernia biasanya lebih banyak dialami oleh mereka yang kebanyakan tinggal di kota. Hal ini disebabka karena mereka mempunyai aktivitas dan juga kesibukan lain yang tinggi. Selain itu, mereka juga harus mempunyai stamina yang sangat bagus dalam membantu mengimbangi aktivitas dan juga kesibukan yang dialami. Jika stamina tubuh mereka mengalami penurunan, maka mereka akan lebih mudah terserang penyakit dan terutama adalah penyakit hernia. Selain akibat dari aktivitas yang terlalu padat dan akibat kesibukan yang sangat tinggi, penyakit hernia bisa disebabkan karena beberapa hal. Penyebab hernia hal yang pertama adalah tidak sempurnanya penutup dari saluran perpundahan organ saat seseorang masih di dalam kandungan. Saluran yang seharusnya bisa menutup dengan sempurna itu masih tetap terbuka.

Penyebab hernia ini  bisa menjadikan suatu titik lemah. Organ tubuh misalnya seperti dinding perut yang sering tidak menutup dengan baik. Dinding perut yang tidak tertutup dengan baik ini pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya penyakit hernia yang berbeda-beda dan semuanya tergantung dari jenis kelamin seseorang. Pada anak laki-laki, biasanya testis akan berpindah menuju ke lokasi yang tidak normal akibat dari dinding perut yang tidak menutup dengan baik. Penyebab hernia yang bisa terjadi adalah akibat dari tekanan yang muncul di rongga tubuh. Tekanan yang besar dan terjadi dengan terus menerus ini bisa menyebabkan penyebab hernia muncul.

Komplikasi Penyakit Hernia


=====================================

>>> Kapsul Herbal Pro-Hernia Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Hernia, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Hernia and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *