Penyebab Hernia dan Cara Mengatasinya

Penyebab Hernia dan Cara MengatasinyaHernia atau turun berok adalah benjolan melalui titik lemah atau celah pada permukaan suatu ruang tubuh. Herna abdominalis adalah tonjolan berupa suatu kantong yang berdinding peritonium melalui suatu defek pada dinding perut. Hernia areponibilis adalah hernia di mana isi kantong bisa dikembalikan dalam ruang abdomen. Penyakit Hernia irriponibilis atau hernia inkarserata adalah hernia di manan isi kantong tidak dapat dikembalikan ke dalam abdomen, di sini tidak terdapat peradangan pada kantong-kantong atau isinya dan tidak ada pengaruhnya pada pemberian darah. Hernia strangulata adalah hernia dimana pembuluh darah untuk isi kantong tersumbat.

Penyebab Hernia dan Cara Mengatasinya

Penyebab Hernia dan Cara Mengatasinya

PENYEBAB HERNIA

Penyebab hernia dan cara mengatasinya sering terjadi pada pekerja yang banyak mengangkut benda-benda berat seperti pekerja pada pelabuhan, pabrik dan pada orang-orang yang meniup balon, mengedan terlalu kuat.

Gejala hernia yang umum terjadi pada penderita hernia adalah terasa mual pada daerah terjadinya hernia, nyeri yang keras. Terjadinya benjolan pada lokasi hernia. Terjadinya gelembung pristal yang mudah didengar. Bila otot-otot sudah mengendor, maka benjolan mulai menghilang. Kadang-kadang perut kembung disertai mual dan muntah.

PENYEBAB HERNIA DAN CARA MENGATASINYA

Untuk Penyebab Hernia dan Cara Mengatasinya diperlukan perawatan yang serius tidak hanya dengan tindakan medis, namun perawatan juga perlu dilakukan pada penderita hernia itu sendiri, berikut perawatan hernia adalah :

  • Hernia pada rongga dada yang berat biasanya harus dilakukan operasi untuk menutup lubangnya.
  • Makan sedikit demi sedikit untuk mengurangi rasa sakit dan hindari makanan yang mengandung pengeluaran asam lambung seperti teh, kopi, rokok dan alkohol.
  • Hernia yang terjadi pada sela paha, jika mendadak besar atau nyeri, baringkan penderita dan angkat kedua kakinya lebih tinggi dari kepala. Kemudian, tekan perlahan-lahan benjolan hernia tersebut.
  • Untuk mencegah keluarnya hernia, buat bebat atau alat pengaman pada organ vital dan perut untuk menahan agar jangan keluar isi perut ke dalam kantung zakar.
  • Bila isi perut yang masuk ke dalam kantung buah zakar itu terjepit, hal ini harus secepatnya dilakukan operasi karena bisa membusuk.

Meski hernia lebih banyak diderita oleh mereka yang berusia lebih tua yang disebabkan oleh menurunnya massa otot dan yang mengendur untuk menjaga tubuh pada tempatnya hingga terjadi proses hernia. Kegiatan fisik yang berlebihan juga dapat menyebabkan hernia terjadi lebih cepat seperti pada mereka yang obesitas berlebih sehingga kerja organ tubuh bagian dalam tertekan dan terjadi pengenduran pada dinding perut bawah.

Penyebab hernia dan cara mengatasinya adalah dengan menjaga kesehatan tubuh serta menjaga stamina tubuh agar tetap dalam keadaan sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang banyak serat yang bersumber dari buah dan juga sayuran. Sebaiknya hindarilah penyebab terjadinya konstipasi dan juga mengejan dengan terus menerus, sebaiknya jangan mengangkat barang atau juga beban yang terlalu berat serta menghindari jenis makanan tertentu yang bisa menyebabkan timbulnya batuk.

CARA MENGATASI HERNIA

Sedangkan cara mengatasi penyebab hernia dengan menggunakan korset atau juga celana hernia hingga saat ini banyak orang berpendapat bahwa pencegahan dari hernia bisa dilakukan dengan menggunakan celana hernia namun sifatnya hanya sementara dan juga tidak menetap, yakni adalah untuk membuat hernia agar tidak membesar dan tidak menjadi semakin parah. Dan sejauh yang sudah diketahui adalah penggunaan dari celana hernia tidak memberikan efek samping.

Penyakit hernia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang biasnaya membutuhkan penanganan seperti operasi. Dari salah satu penelitian yang dilakukan pada penderita hernia sekitar 10% penderita biasanya mengalami masalah kesehatan dan paling sering terjadi pada wanita. Sedangkan penyebab hernia pada bayi dan anak bisa terjadi dan menyerang dibeberapa bagian tubuh seperti dibagian lipatan paha, umbilikus atau juga pusar, sekat rongga dada dan juga perut yang disebut dengan diafragma serta dibagian lainnya. Yang paling umum terjadi adalah hernia yang terjadi dibagian umbilikus atau pusar, serta terjadi juga dibagian lipatan paha karena bisa langsung ke kantung buah pelir.

Penyebab hernia dan cara mengatasinya adalah dengan melakukan tindakan konservatif dan tindakan operatif. Pengobatan dengan cara konservatif dilakukan dengan terbatas dengan melakukan tindakan reposisi dan juga pemakaian penyanggah atau juga penunjang untuk bisa membantu memperhatankan isi dari hernia yang sudah terlebih dahulu di reposisi. Sedangkan prinsip dasar dari operasi hernia pada anak adalah herniotomi. Namun operasi hernia ini dilakukan jika melihat keadaan hernia yang semakin memburuk dengan tujuan untuk menyelamatkan anak. Tanda atau gejala hernia yang semakin memburuk keadaannya adalah :

  1. Hernia tidak bisa direduksi
  2. Pembesaran pada hernia lebih sering terjadi
  3. Disertai dengan rasa sakit
  4. Hernia tidak bisa masuk ke dalam rongga perut baik masuk sendiri atau dengan didorong.

Penyebab Hernia dan Cara Mengatasinya


=====================================

>>> Kapsul Herbal Pro-Hernia Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Hernia, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Hernia and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *