Penyebab Hernia Inguinal

Penyebab Hernia Inguinal – Hernia inguinal bisa terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Defek ini akan bertambah lebar dan longgar tergantung dari seberapa kuat dinding perut yang menyokongnya. Hernia pada dewasa terjadi pada usia diatas 40 tahun. Hal ini disebabkan saat usia seseorang bertambah, maka jaringan yang menyokong organ-organ perut pun mengalami kelemahan. Dengan demikian usus halus mudah masuk melalui kanalis inguinalis.

Penyebab Hernia Inguinal

Penyebab Hernia Inguinal

HERNIA INGUINAL

Berdasarkan sifatnya, hernia inguinalis dapat dibagi menjadi hernia reponibel, bila isi hernia dapat dimasukkan kembali ke dalam rongga perut, tidak ada keluhan nyeri atau gejala sumbatan usus. Sementara apabila isi usus sudah tidak bisa dimasukkan loagi dan terjadi penyempitan usus disebut sebagai hernia strangulata. Jenis yang terakhir ini sangat berbahaya dan merupakan keadaan darurat sehingga membutuhkan pertolongan secepatnya. Pada keadaan ini, usus halus terjepitsehingga aliran darah ke daerah tersebut berkurang dan usus bisa mengalami pembusukan (nekrosis).

Perlu diingat bahwa hernia skrotalis  bukanlah penyakit hernia atau turun berok yang diturunkan. Artinya seseorang yang mengalami hernia skrotalis, tidak selalu memiliki anak yang juga akan mengalami hernia skrotalis. Demikian pula sebaliknya, seseorang bsa saja mengalami hernia skrotalis meskipun tidak ada anggota keluarga yang mengalami hernia skrotalis.

Penyakit hernia inguinal merupakan penyakit hernia yang terjadi di sekitar lipat paha dan merupakan salah satu penyakit hernia yang biasanya paling sering ditemukan dan kasusnya terjadi sekitar 75% pada dinding perut. Penyakit hernia inguinal bisa dijumpai pada segala usia, namun biasanya lebih sering ditemui di kalangan laki-laki dibandingkan wanita. Dalam keadaan yang normal, disaat bayi masih di dalam kandungan, buah zakar atau testisnya masih terletak di dalam rongga perut. Dan disaat menjelang proses persalinan maka testis akan berpindah melewati saluran lipat paha atau canalis inguinal yang kemudian akan turun ke kantung zakar atau skrotum. Setelah itu, lubang yang tersisa pada rongga perut atau anulus inguinal dan juga canalis inguinal kemudian akan menutup dengan secara alami.

PENYEBAB HERNIA INGUINAL

Penyebab hernia inguinal adalah :

  1. Akibat cacat bawaan sejak lahir, dimana adanya suatu kegagalan pada penutup lubang dan juga dibagian saluran lipat paha.
  2. Otot yang semakin melemah dan juga jaringan ikat pada dinding di rongga akibat dari usia, kurang gizi dan minum minuman yang mengandung alkhol.
  3. Penyebab hernia inguinal lainnya adalah akibat tekanan yang tinggi terjadi di dalam rongga yang bisa berlangsung lebih lama antara lain adalah batuk dan bersin kronis, merokok, mengangkat barang-barang yang berat, mengedan, kegemukan atau obesitas, kehamilan dan juga penyebab lainnya.

Penyakit hernia inguinal terbagi menjadi dua jenis :

  1. Penyakit hernia inguinal indirek atau hernia inguinal pinggir. Penyakit herni ini biasanya disebabkan karena cacat bawaan. Penonjolan yang terjadi pada pinggir lipat paha dan juga umumnya lebih berisi dengan jaringan lemak, selaput pada dinding perut dan juga usus. Jika berlanjut tonjolan ini akan sampai menuju ke skrotum yang disebut dengan penyakit hernia skrotalis.
  2. Penyakit hernia inguinal direk atau penyakit inguinal tengah. Pada jenis penyakit hernia ini isi dari hernia  akan mengalami penonjolan dan langsung masuk ke bagian tengah depan dinding perut. Hernia ini biasnaya hampir disebabkan karena penyebab hernia kelemahan pada otot dinding perut dan juga peninggian yang terjadi di tekanan rongga perut yang biasanya terjadi secara menahun, oleh sebab itulah lebih sering menyerang orang tua.

Gejala penyakit hernia inguinal indirek adalah :

  1. Benjolan yang terjadi pada lipat paha
  2. Benjolan yang terjadi biasanya akan semakin nyata dan mengalami pembesaran saat sedang berdiri, sedang batuk, bersin dan juga mengedan
  3. Benjolan yang menghilang setelah berbaring
  4. Keluhan nyeri atau juga rasa sakit yang biasanya jarang dijumpai.

Jika isinya ini tyerjepit atau mengalami hernia inkarserata maka bisa disertai dengan rasa nyeri yang muncul dengan gejala mual serta muntah. Pada penyakit hernia strangulata, dimana terjadinya pembuluh darah terjepit dan setelah itu timbul demam dan benjolan yang terlihat nampak seperti kemerahan dan bahkan sampai menghitam. Penyakit hernia inkarserata dan penyakit hernia strangulata adalah suatu keadaan yang darurat yang harus mendapatkan penanganan dengan segera.

Komplikasi dari penyakit hernia inguinal indirek adalah :

  1. Usus dan juga pembuluh darah yang terjepit atau inkaserarsi sampai ke strangulata.
  2. Usus yang mengalami peradangan dan kemudian membusuk serta bolong aatu perforasi.
  3. Radang selaput yang terjadi di perut atau peritonitis.

Penyebab Hernia Inguinal


=====================================

>>> Kapsul Herbal Pro-Hernia Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Hernia, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *