Penyebab Hernia

Hernia adalah penonjolan keluar suatu organ atau bagian dari organ melalui dinding rongga yang normalnya tempat organ tersebut. Hernia disebabkan oleh gagalnya penutupan suatu lubang normal tertentu selama perkembangan janin atau karena peningkatan tekanan intraabdominal yang terjadi saat batuk atau ketika mengangkat benda yang berat.

Sebagai contoh, usus dapat mengalami protrusi melalui area otot yang lemah di dinding abdomen anterior atau suatu lubang yang ada. Hernia terjadi jika terdapat peningkatan tekanan intra abdomen intermiten, paling sering pada pria yang bekerja mengangkat beban berat. Kemungkinan akibat hernia ini terdiri dari :

- Reduksi spontan jika tekanan intraabdomen kembali normal
- Reduksi manual dengan memberikan sedikit tekanan
- Strangulasi yang mengakibatkan kongesti vena, iskemia, gangren dan osbtruksi usus
- Tempat terjadinya hernia adalah diafragma (hiatus), inguinal, femoral umbilikus, dan area insisi.

Hampir semua penyebab hernia memiliki potensi pada risiko gagalnya menyediakan darah menjadi strangulasi. Ketika isi tonjolan yang menyebabkan hernia keluar, hingga menyebabkan sediaan darah terputus. Jika sediaan darah terputus maka terjadi pembukaan hernia pada dinding perut yang menyebabkan keadaan darurat yang memerlukan perawatan secara medis dan memerlukan tindakan pembedahan untuk mengangkut sediaan darah dan kebutuhan oksigen.

Hernia yang disebut juga dengan turun berok pada pria. kebanyakan disebabkan oleh pria yang berusia tua dan seringnya bekerja mengangkat beban berat, kelelahan yang kronis, penurunan kondisi fisik yang semakin melemah yang disebabkan oleh beberapa penyakit.

Penyebab hernia pada perut juga dapat disebabkan pada saat kelainan pad saat lahir, ada pula bayi atau anak yang lahir normal dan menunjukkan hernia ketika beranjak dewasa. Tekanan pada rongga perut yang terjadi pada bayi ketika lahir atau dalam beberapa bulan akan berkontribusi dalam pembentukan atau memburuknya penyebab hernia.

Beberapa penyebab hernia yang umumnya sering terjadi adalah :

1. Seringya mengangkat beban atau benda berat

2. Seringanya atau terlalu lama mengedan seperti pada ibu yang melahirkan normal atau ketika seseorang BAB

3. Hernia dapat terjadi pada rongga dada, terasa sakit di belakang tulang dada

4. Perasaan panas di dada dan sakit perut di bagian atas. Disebabkan isi perut, terutama lambung, menonjol ke rongga dada. Kadang-kadang isis perut itu terjepit, tidak dapat kembali lagi hingga menimbulkan perasaan sakit sekali

5. Bila terjadi pada sela paha, kadang isi perut menonjol masuk ke dalam kantung buah zakar. Bila isi perut ini dapat kembali lagi biasanya tidak begitu berbahaya, tapi akan mengganggu pergerakan penderita. Bila tidak dapat kembali lagi, ini sangat berbahaya dan harus segera dioperasi.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Pro-Hernia Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Hernia, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Hernia and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>